Rabu, 06 Februari 2008

Golok Kelembutan

Golok kelembutan adalah karya awal Wen Rui An. Pada karya ini Wen Rui An terkesan masih mencari-cari bentuk, jalan cerita juga tidak seintens dan serumit serial 4 opas atau seri pendekar sejati selanjutnya.

Golok Kelembutan pernah diterbikan sebagai komik oleh M&C dengan judul pendekar sejati. Hanya saja membaca novel wuxia/cersilnya terasa jauh lebih bagus dari versi komiknya. Sebabnya ? Serial pendekar sejati seri awal, berbeda dengan karya WRA yang lain, banyak menekankan pada aspek psikologi para tokohnya. Hal ini tidak tergambar dengan baik di komiknya. Selain itu character design di versi komiknya yang digarap Tony Wong amat berlebihan sehingga malah terasa mengganggu

Boleh dibilang kalau ingin mengetahui perkembangan gaya penulisan Wen Rui An bacalah serial pendekar sejati yang sangat panjang ini.

Cerita :

Cerita golok kelembutan relatif cukup santai. Intrik-intriknya juga tidak serumit 4 opas atau pendekar 4 alis. Malahan ceritanya lebih menitik beratkan persahabatan dan petualangan, mengingatkan pada gaya penulisan Jin Yong. Sebaliknya pada penggambaran tokoh (character design) pengaruh Gu Long amat terasa. Antara lain adanya tokoh yang bisa makan puluhan piring (mirip Jiang Jun/Ciang Kun pada serial 4 alis). Demikian pula penggambaran tokoh yang tidak hitam putih. Ciri khas Wen Rui An baru muncul pada bagian laga, yang power levelnya kelewat khayal (kadang udah mirip dragon ball ) tapi anehnya tetap mendebarkan untuk dibaca.

Kisah persahabatan menjadi menarik karena karakter kedua (?) tokoh utama yang mengangkat saudara . Bagi yang pernah baca Sam Kok bayangin andaikata tokoh yang cerdik, ambisius sekaligus kejam seperti Cao-Cao & tokoh yang serba diplomatis & lebih suka menggunakan siasat halus serta benci cara yang kasar seperti Liu Bei bertekad menjadi sodara sehidup semati. Itulah yang terjadi di novel ini!.

Sama seperti karya Wen Rui An yang lain karya ini juga tidak menyebutkan secara spesifik masa historis yang menjadi background cerita (walau banyak yang berpendapat bahwa cerita ini berlatar belakang masa-masa akhir dinasti Song). Yang jelas kisah ini terjadi pada periode yang sama dengan serial 4 opas. Malahan pada bagian ketiga serial pendekar sejati (Jing Yan Yi Qiang) kelak tokoh utama kedua serial akan saling berhadapan!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar