Rabu, 03 Agustus 2011

Jodoh Persilatan

Hong Ku Ling adalah seorang anak yatim piatu, dia di besarkan dan di ajar oleh gurunya Sun Sian Ki yang punya nama buruk di dunia persilatan, sebab gurunya dari golongan hitam juga adalah seorang pembunuh.

Oleh gurunya 3 jalan darah Hong Ku Ling di totok sehingga darah mengalir terbalik, sebab dengan jalan darahnya terbalik maka tenaga dalam Hong Ku Ling dengan cepat meningkat tajam, belum sempat gurunya yang berbudi membuka kembali 3 jalan darah yang ditotoknya, dia telah di bunuh oleh sebuah organisasi pembunuh misterius, sehingga pada waktu-waktu tertentu Hong Ku Ling menderita siksaan karena jalan darahnya membalik, dan makin lama waktu kambuhnya semakin pendek.

Hong Ku Ling jadi benci kepada pembunuh gurunya dan bertekad akan membalas dendam.

Cerita berjalan lancar, pas jilid 2 mengambil adengan Yo Ko masuk Coat Ceng Kok (nama tempatnya juga sama), dan adegan Yo Ko ketemu Khu Tjian Djin yang sedang dibawa oleh It Teng Taysu. Jilid 3 ada kemiripan adengan Boe Kie masuk ke sarang Beng Kauw menemukan ilmu tingkat tinggi, dan salah satu tokoh utamanya, Lan Seng karakternya mirip perpaduan Oey Yong dan Tio Beng. Tentu saja Gu Long dengan kepintarannya mengemas cerita jadi sedemikian rupa, jadi lebih menarik, tidak membosankan.

Dan ceritanya bukan mengambil adegan sana adegan sini dari beberapa cersil lalu dikemas jadi satu, kalau yang beginian paling tahan saya baca 2 lembar, tapi tetap pada alur tujuan semula cerita ini dibangun. Saya baca buku ini berturut-turut (biasanya kalau baca buku cersil tertentu suka diselingi dengan komik atau novel, karena jenuh). Cuma sayang editannya kurang. Tapi terlepas dari itu semua buku ini layak untuk dibaca dan dikoleksi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar