Sabtu, 14 Agustus 2010

Kembalinya Ilmu Ulat Sutera

Dunia persilatan geger, sebab beberapa ketua perkumpulan di dunia persilatan telah tewas dengan ciri-ciri di tubuhnya terdapat banyak serat ulat sutra yang menjadi ciri ilmu ulat sutra (Thian Can Kang).

Maka murid-murid perkumpulan tersebut mendatangi Bu-tong Pai dan meminta Bu-tong Pai memberikan pertanggung jawaban. Satu-satunya orang yang menguasai Thian Can Sin Kang, Wan Fei Yang terpaksa harus turun gunung menyelidiki siapa yang berbuat ini.Thian Can Sin Kang adalah ilmu lweekang rahasia perguruan Bu-tong, ternyata adalah ilmu hasil curian ketua Bu-tong Pai ketika dia melakukan perjalanan ke daerah Biauw.

Sebenarnya Thian Can Sin Kang adalah gabungan ilmu lweekang Mo-kauw dengan ilmu gaib, sejarah asal usul ilmu lweekang ini di ceritakan oleh angkatan tua Bu-tong Pai yang masih hidup, paman guru Yan Cong-thian dan Ci Siong Tojin yang bernama Kouw-bok.

Tulisan diatas adalah sedikit ringkasan cerita Kembalinya Ilmu Ulat Sutra (judul asli: Tian Can Zai Bian), 3 jilid tamat 853 hal karangan Huang Ying, cerita ini adalah lanjutan cerita Pendekar Ulat Sutra (Tian Can Bian) saduran Ai Chu, tapi cerita ini merupakan cerita tersendiri, jadi bisa di baca secara sendiri-sendiri

Wan Fei Yang sudah menjadi jago nomor satu di Tionggoan akhirnya mendapat musibah juga, musibahnya bukan oleh pesilat hebat, tapi oleh seorang wanita, seperti kata pepatah Ying Xiong Nan Guo Nu Ren Koan artinya bagaimana pun hebatnya seorang laki-laki tetap susah melewati wanita cantik (akan terjatuh oleh wanita cantik). Musibah apa yang menimpa Wan Fei Yang.?

Di bab lain di ceritakan juga nasib Fu Hiong Kun yang masih mengharapkan cintanya kepada Wan Fei Yang, dia mendatangi Siauw Lim Si atas permintaan gurunya Ku-suthay dan di sana dia bertemu dengan Wan Fei Yang dan Su Yan Hong (Dalam Film namanya Sie Thing Feng). Menyaksikan pertandingan antara ketua Pek Lian Kauw dengan sesepuh Siauw Lim Si, lalu bertanding dengan Wan Fei Yang.

Kemudian cerita beralih ke Su Yan Hong yang melakukan perjalanan ke Siauw Lim Si ingin meminta bantuan pada ketua Siauw Lim Si untuk menyelamatkan kerajaan Beng. Di sini muncul seorang pemuda tukang jual obat jalanan yang bernama Siau Cu, muridnya Lam Touw (Pencuri selatan), dan Lu Tan putra Lu Kian, pejabat yang tewas oleh Liu Kan seorang Taykam yang berkuasa.

Sayang sekali cerita Kembalinya Ilmu Ulat Sutra ini terpotong. sehingga kita harus menunggu cerita lanjutannya, entah kapan..

Catatan : Cerita legenda Wan Fei Yang ini di buat juga dalam bentuk film (Reincarnated), tapi ceritanya tidak sama, malah sangat berbeda sekali dengan buku / cerita aslinya, sutradaranya terkesan hanya mencatut nama-nama Wan Fei Yang, Tokko Bu-ti, Fu Hiong Kun, Tong Ling, dsb. menurut Huang Ying, semua terjadi karena kebutuhan / penyesuaian film dan sang sutradaranya sudah meminta izin kepada Huang Ying. Disadur oleh Liang YS, terdiri dari 3 jilid.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar